SQL (tructured query language)

   Data-data yang tersimpan dalam database dapat di akses oleh pengguna menggunakan bahasa tertentu. tidak semua DBMS memiliki bahasa yang sama untuk mengakses data didalamnya. bahasa tersebut sering di sebut dengan istilah query. query adalah kemampuan untuk menamoilkan suatu data dan database diambil dari tabel-tabel yang ada didatabase, tabel tersebut tidak semua bisa ditampilkan sesuai dengan kegunaan query itu sendiri. kegunaan query adalah sebagai berikut.

1. menampilkan data-data tertentu pada suatu tabel.

2. menampilkan data lebih dari dua tabel.

3. melakukan proses perhitungan.

    kegunaan query tersebut sering kita jumpai dalam bahasa pemograman seprti Visualbasic (VB), PHP (hypertaxt preprocessor), java dan lain-lain.

    proses munculnya SQL dimulai penulisan artikel oleh seorang peneliti dari IBM yang bernama jhonny oracle. artikel tersebut membahas tentang ide pembuatan basis data relasional pada bulan juni 1970. Artikel tersebut membahas kemungkinan pembuatan bahasa setandar untuk mengakses data dalam basis data tersebut. bahasa tersebut kemudian diberi nama SEQUEL(struktured english query language). Setelah artikel tersebut diterbitkan, IBM mengadakan proyek pembuatan basis data relasional berbasis bahasa SEQUEL. akan tetapi, karena permasalahan hukum mengenal penamaan SEQUEL, IBM pun mengubah namanya menjadi SQL. implementasi basis data relasional dikenal sebagai sistem /R. 

SQL (struktured query nlanguage) merupakan suatu bahasa permintan tersetruktur yang digunakan untuk mengakses data dalam basis data relasional. mengapa disebut tersetruktur? karna pada penggunaannya, sql memiliki beberapa aturan yang telah di standarkan oleh asisiasi bernama ANSI  yang digunakan untuk mengakses data damal basis data relasional. jadi, sql adalah bahasa permintaan yang melekat pada suatu basis data atau DBMS tertentu. DBMS tersebut antara lain  MYSQL, postgreSQL, Interbase, Oracle, Ms. SQL server, dan sebagainya. selain itu, sql juga didukung oleh database bukan server, seperti Ms. Acses maupun paradox.