Pengertian dan Sejarah GUI (graphical User Interface)

Pengertian dan Sejarah GUI (graphical User Interface)

Halo , Jumpa lagi di SMK Hasan Kafrawi. Kali ini kita akan membahas Sejarah dan Pengertian GUI atau aplikasi berbasis grafis.

ketika menggunakan perangkat komputer sering dijumpai berbagai macam aplikasi dengan berbagai bentuk antar muka pengguna (User Interface), mulai dari tampilan berbasis teks sampai tampilan berbasis grafis (GUI). Aplikasi berbasis grafis akan banyak di temukan tombol - tombol sebagai pengganti perintah teks, sehingga pengguna akan merasa lebih mudah karena tidak perlu menghafal barisan perintah.

okey,  langsung saja kita bahas apa itu Aplikasi Berbasis GUI.


Sejarah GUI Pada Java

    Pembuatan aplikasi berbasis grafis (GUI) dapat dilakukan  dengan pemrogman java. java memiliki sifat lintas platform, yaitu mampu berjalan di atas berbagai macam arsitektur tanpa harus melalukan compile ulang programn yang dibuat. hal ini merupakan kemampuan yang cukup konsisten di Unix, Windows, dan Machintos secara bersamaan yang cukup mengesankan, sehingga ada dorongan mengambangkan java untuk keperluan komputer dekstop. pada saat itu, kemampuan anatar muka yang dimiliki java masih sangat sederhana. toolkit java dikenal sebagai AWT (Abstract Windowing Toolkit) yang merupakan cikal bakal dari pengembangan antarmuka yang lebih baik pada tahun - tahun berikutnya.

       Tahun 1997, JFC (Java Foundation Class) Muncul untuk kepentingan pembuatan window. JFC yang dibentuk bersama javaSoft dan Netscape, merupakan pengembangan dari AWT Pada versi Java SDL 1.0  dan 1.1. Keberadaan JFC didalam Java kemudian menjadikan landasan dari Java SDK versi 1.2 dan selanjutnya (yang kemudian dikenal sebagai Java 2)

    JFC mempunyai nama kode Swing yang akan ditemukan dalam setiap paket yang digunakan dalam aplikasi wimdow nantinya. Kelebihan JFC, selain Mempunyai banyak fungsi yang telah disediakan untuk berbagai kepentingan pemrograman visual, pemrograman bisa memilih look and feel yang diinginkan. dengan demikian, tampilan yang diperoleh bisa menyerupai Windows, Macintosh, atau X-Windows (Unix).


Pengertian GUI ( Graphical User Interface)

    Graphical User Interface (GUI) ini merupakan tampilan antarmuka grafis pada suatu aplikasi yang berfungsi sebagai perantara antara pengguna dengan suatu program. Tujuan utama penggunaan GUI adalah untuk memudahkan pengguna dalam menggunakan program yang dibuat tersebut.

    Pengertian GUI Secara umum adalah interaksi yang dapat dilaksanakan oleh pengguna melalui menu dan ikon yabg diperlihatkan dalam mode gratik. Berikut beberapa fungsi dari penggunaan GUI dalam dunia teknologi , khususnya komputer.

  1. Pointing device (alat petunjuk) dengan perangkat berupa mouse
  2. Membuat software - software yang menurut aplikasi dalam komputer user dapat digunakan untuk kegiatan user dalam proses seperti menulis teks, spreadsheet, suara, grafis, dan lain lain.
  3. Memiliki  fungsi sebagai plug and play, yang memudahkan user dalam menginstalasi dan uninstall hardware/software (sinkronisasi).
  4. Untuk digunakan dalam pembuatan sistem operasi sebagai user friendly dengan orgonomis.  
  5. Untuk membuat software/hardware sumber terbuka atau pengembang aplikasi - aplikasi skala besar lainnya.
  6. Pembuatan website.


Demikian pembahasan pengertian dan sejarah GUI, semoga bermanfaat. Terimakasih.