Macam - Macam Toolkit GUI

Macam - Macam Toolkit GUI

    Halo, Apa Kabar? Salam jumpa lagi bersama kami. Kali ini kita akan membahas tentang Macam - macam Toolkit GUI. Artikel ini merupakan lanjutan dari Pengertian dan Sejarah GUI yang telah kita bahas sebelumnya.

    langsung saja, kita ke pembahasan Macam - Macam Toolkit GUI. Ada beberapa macam Toolkit GUI Java diantaranya adalah:

AWT (Abstract Windowing Toolkit    
    AWT adalah GUI Toolkit pertama yang ada pada bahasa pemrograman Java. AWT masih sangat kekurangan komponen - komponen yang bisa digunakan untuk membangun sebuah aplikasi dekstop secara lengkap seperti tidak adanya komponen.
    Terlepas dari kekurangan komponen GUI yang terdapat pada AWT, Aplikasi yang dibangun menggunakan AWT akan tampak seperti aplikasi native. Maksutnya, jika aplikasi yang dibangung mengunakan AWT ini dijalankan pada sistem windows, maka aplikasi ini akan terlihat seperti aplikasi windows pada umumnya. Begitu juga jika dijalankan pada sistem operasi MAC ataupun Linux, maka aplikasi ini akan tampil seperti aplikasi pada MAC dan Linux pada umumnya. Hal ini biasanya terjadi karena AWT benar - benar memanggil native subrutin untuk menggambar setiap komponennya ke layar. 
    Subrutin adalah kumpulan perintah yang ditujukan untuk menangani suatu tindakan untuk memudahkan pembuatan perogram.

 
 Beberapa Class yang terdapat pada AWT, sebagai berikut.
  1. Component, merupakan abstract class untuk objek yang merupakan bagian utama dari semua class AWT. Ini berfungsi untuk menampung komponen - komponen lainnya.
  2. Container, merupakan abstract subclass dari class component yang mempunyai fungsi sebagai class wadah yang menampung class lainnya.
  3. Panel, mewarisi sifat dari class Container atau turunan dari class Container. Panel merupakan window (jendela) yang tidak memiliki title bar.
  4. Window, sama seperti panel yang mewarisi sifat dari class Container, yang merupakan top level window dan tidak memiliki menu bar.
  5. Frame, mewarisi sifat dari class window. Frame merupakan window yang memiliki bar, menu bar, dan border.
    AWT adalah istiah bagi sekumpulan Objek GUI yang dibawah oleh  pada awal kemunculannya ketika masih mengusung nama Java (Bukan Java 2). Meskipun demikian, ada beberapa objek AWT yang sampai saat ini (era Java 2) belum bisa digantikan oleh objek yang baru. Secara umum, bisa dikatakan bahwa bentuk dari objek-objek AWT akan mengikuti bentuk default yang dibawa oleh sistem operasi, misalnya Windows. Hampir semua komponen AWT adalah turunan dari class Component.
Beberapa objek grafis AWT, antara lain sebagai berikut.
  1. Label
  2. Scroller
  3. Button
  4. Scroll Pane
  5. Panel
  6. Text Area
  7. Canvas
  8. Checkbox
  9. Choice
  10. Popup
  11. Text Field
  12. Menu Bar
SWT
    SWT adalah sebuah GUI Toolkit yang dikeluarkan oleh IBM sebagai alternatif dari AWT/Java Swing milik Sun Microsystem. SWT terdapat pada package java.swt. Paclage java.swt berisi komponen- komponen GUI yang bersifat platform sistem operasi. tampilan dari java.swt menyesuaikan dengan sistem operasi, sehingga mengakibatkan dependensi sistem.
    Namun performa dari SWT ini sama dengan Swing. Hal yang membedakan antara SWT dan AWT/Java Swing adalah SWT ini benar - benar mengakses native GUI library yang terdapat pada sistem operasi melalui JNI (Java Native Interface).
Swing
    Java Swing adalah Library java yang digunakan untuk menciptakan GUI. Dengan java Swing, Anda dapat membuat antarmuka lintas platform atau independen sistem operasi. Artinya, antarmuka yang dapat dijalankan pada sistem operasi apa saja (sistem operasi yang mendukung java) dengan tampilan yang relatif sama. Bahkan anda juga dapat membuat antarmuka yang mnyerupai Windows, MAC, Linux tanpa tergantung dari sistem operasi yang digunakan.
    Swing adalah salah satu bagian dari Java Foundation Classes (JFC). Pada JFC ini juga terdapat fasilitas untuk menambahkan kemampuan grafis yang kompleks.

Demikian materi tentang Macam - macam Toolkit  GUI.  Semoga bermanfaat bagi kita semua, Terimakasih.