Komponen - komponen utama dalam GUI dan Fungsinya

Komponen - komponen utama dalam GUI dan Fungsinya

     Pembangunan aplikasi dengan antarmuka berbasis GUI menggunakan bahasa pemrograman Java mudah dilakukan karena java menyediakan komponen - komponen Khusus untuk menggunakan GUI. Salah satu komponen yang dapat digunakan adalah Swing. Komponen Swing tersebut di definisikan dalam paket javax.swing yang merupakan komponen GUI yang telah diturunkan dari Abstract Windowing Toolkit (AWT) dalam Paket java.awt.


    Beberapa komponen utama GUI adalah

Containers, merupakan suatu wadah/tempat yang berfungsi untuk menempatkan komponen-komponen lain di dalamnya.

Canvas, merupakan komponen GUI yang berfungsi untuk menampilkan gambar atau untk membuat program grafis. Canvas bisa digunakan untuk menggambar  berbagai bentuk seperti lingkaran, segitiga, dan lainnya.

Komponen User Interface (UI), contohnya adalah Buttons, list, simple popup menus, Check boxes, text field, dan elemen lainnya.

Komponen Pembentuk Window, seperti frames, menu bar, window, dan dialog boxes.

    Jcomponent adalah superclass dari semua komponen Swing. Berikut merupakan beberapa fungsi dari superclass ini, yaitu:

Plugable look and feel, berfungsi untuk mempermudah menambahkan komponen ke dalam tampilan.

Shortcut keys (mnemonics), Akses Langsung ke komponen melalaui keybord.

Event handling, penanganan suatu event.

Tool tips, teks deskripsi yang muncul ketika mouse berada di atasnya.

    Secara umum terdapat lima bagian Swing  yang akan sering digunakan, adalah sebagai berikut.

Top level container, merupakan container dasar dimana komponen lainnya akan diletakkan. Contoh container jenis ini adalah Frame, Dialog, dan Applet yang diimplementasikan berupa class JFrame, JDialog, dan JApplet.

Intermedia Container, adalah container perantara dimana komponen lainnya akan diletakkan, salah satu contohnya adalah panel yang telah diimplementasikan berupa class Jpanel

Atomic Component, merupakan komponen yang memiliki fungsi lebih spesifik, dimana umumnya user langsung berinterkasi dengan komponen jenis ini. Contohnya JButton, JLabel, JTextField, dan JTextArea.

Layout Manager, berfungsi untuk mengatur  tataletak atau posisi komponen yang akan diletakkan satu sama lain di dalam suatu container. Contohnya BorderLayout, BoxLayout, FlowLayout, GridBaglayout, dan GridLayout.

Event handling, untuk menangani event yang dilakukan oleh user seperti menekan tombol, memperbesar atau memperkecil ukuran frame, mengklik mouse, dll.

    Demikian materi tentan komponen utama dalam GUI, semoga bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih.