Cara Membuat database di phpmyadmin

Cara Membuat database di phpmyadmin

Selamat datang di website kami, disini kita akan membahas tentang Cara Membuat Database di Phpmyadmin

Jalankan aplikasi Xampp sebagai server local, tampilan sebagai berikut:



Buka browser dan akses localhost/phpmyadmin, berikut adalah tampilannya:

Lalu pilih new, sebagai awal pembuatan database, untuk nama basisdata kalian bisa isi sesuai yang kalian harapkan, disini saya akan membuat database / basisdata dengan nama app lalu kalian klik tombol buat, berikut adalah tampilannya


Ini tampilan awal setelah kalian membuat nama database / basisdata yang belum kalian isi tabelnya


Silahkan kalian buat nama database dan masukkan jumlah kolom yang kalian butuhkan, disini saya memberi nama table dengan login dan jumlah kolom yang saya butuhkan adalah 4 lalu klik tombol kirim, berikut adalah tampilannya:


Ini merupakan tampilan hasil table yang kalian buat tadi isinya kosong dengan jumlah yang dibutuhkan,


perlu diingat disini kalian harus paham dengan jenis, panjang/nilai, indeks dan primary key, jenis yang kalian masukkan harus sesuai dengan ketentuan database, untuk panjang itu berhubungan dengan kata yang akan kalian masukkan, diharapkan kata yang kalian masukkan itu harus sesuai, boleh lebih tetapi jangan sampai lebih dari 20 kata, missal kalian masukkan 10 tetapi yang kalian butuhkan hanya 8 itu sudah bagus, jangan kalian masukkan 200 tetapi kalian butuhkan hanya 50 itu sangat jelek, karena kelemahan tersebut bias dimasukkan hacker untuk login dengan cara meretas menggunakan acakan kunci / kata.

Kolom yang saya butuhkan yaitu id saya buat primary key supaya tidak sama dengan lainya(unik), sedangkan jenis saya kasih int singktan dari integer yang hanya bias diisi angka, untuk panjang saya kosongi karena biasanya otomatis terisi 11, username – password-nama pada jenis saya kasih varchar karena bisa diisi huruf, varchar kepanjangan dari variable character untuk panjang saya kasih 20, lalu seret kebawah pilih simpan, tampilan berikut:


Jika tampil seperti dibawah ini maka pembuatan database kalian seperti ini maka berhasil.