Cara Mudah Membuat Relasi Basisdata

Cara Mudah Membuat Relasi Basisdata

 Selamat datang di web smk hasan kafrawi


 

 Desain Basisdata Relasional 

    Dalam desain basisdata relasional, penyimpanan data dalam bentuk relasi data dilakukan dengan menempatkan data ke dalam bentuk tabel. Pembuatan tabel dalam basis data tidak bisa sembarangan. komprehensif agar tabel-tabel yang dibuat memenuhi syarat-syarat model relasional.

Model data relasional memiliki karakteristik sebagai berikut.

1. Baris berisi data tentang entitas.

2. Kolom berisi data tentang atribut dari entitas

3. Sel pada tabel memegang sebuah nilai tunggal

4. semua masukan pada kolom harus mempunyai jenis yang sama

5. setiap kolom mempunyai nama yang unik

6. susunan kolom dan baris tidak penting

7. tidak boleh ada dua garis yang serupa

Terdapat beberapa pendekatan yang dapat digunakan dalam mendesain basis data, yaitu sebagai berikut.

1. Top down

    pendekatan top down diawali dengan membuat model data. pendekatan ini diilustrasikan menggunakan Entity relationsihp (ER) model yang high level (tingkat tinggi), kemudian mengidentifikasikan entitas dan hubungan   (relationsip) antar entitas. Pendekatan ini cocok untuk basis data yang komplek.

2. Bottom up

    Pendekatan botton up dimulai dari level paling dasar atribut (properti entitas dan relationship) dan menganalisis hubungan antar atribut, kemudian mengelompokkannya dalam suatu relasi yang menggambarkan type entitas dan relasi antar entitas. Pendekatan ini cocok untuk basis data dengan jumlah atribut yang sedikit.

3. Insede out

    Pendekatan insede out mirip dengan pendekatan botton up. Yang membedakan adalah pada tahap awal mengidentifikasi major entity (entitas utama), lalu menguraikannya menjadi entitas -entitas, relasi-relasi dan atribut-atribut yang berhubungan dengan entitas utama.

4. Mixed

    Pendekatan mixed menggunakan campuran antara pendekatan bottom up dan top down.

terdapat tiga fase dalam proses disain basis data relasional, yaitu sebagai berikut.

1. Desain konseptual basis data

    desain konseptual basis data adalah suatu proses pembentukan model yang berasal dari informasi yang digunakan dalam perusahaan yang bersifat  independen dari keseluruhan aspek fisik. model data tersebut dibangun dengan menggunakan informasi dari spesifikasi kebutuhan user dan merupakan sumber informasi untuk fase desain logika. tahapan desain konseptual sering dilakukan dengan model ER. tujuanya adalah untuk menciptakan gambaran sederhana tentang data yang mirip dengan pemikiran pengguna.

2. Desain logika basis data

    desain logika basis data adalah suaatu proses pembentukan model yang berasal dari informasi yang digunakan dalam perusahaan berdasarkan model data tertentu, namun independen terhadap DBMS tertentu daan aspek fisik lainya, misalnya model data konseptual yang telah dibuat sebelumya diperbaiki dan di petakan kembali kedalam model data logika. desain logika ini dapat mengubah skema ER menjadi data base relasional. tujuanya adalah memperoleh skema konseptual pada model data relasional yang sering dinamakan skema logika. 

3. Desain fisik basis data

    desain fisik basis data merupakan proses yang menghasilkan deskripsi implementasi basis data pada penyimpanan skunder. desain ini menggambarkan struktur penyimpanan dan metode akses yang efisien terhadap data.